6 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menginstal Ulang Komputer

6 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menginstal Ulang Komputer - Disaat komputer Anda sudah menjadi lambat, dikarenakan virus atau data yang sudah terlalu banyak, biasanya kita akan menginstal ulang komputer tersebut agar kembali menjadi lebih fresh dan lebih berjalan dengan lancar. tetapi jika kita ingin menginstal ulang Komputer, Kita harus melakukan beberapa hal agar tidak terjadi kendala disaat sesudah menginstal ulang Komputer. biasanya jika Anda tidak mengamankan data-data Anda yang berada di Library maka data itu akan hilang secara permanen, mengambil screenshoot layar desktop Anda, dan masih banyak lagi. Berikut adalah 6 Hal yang perlu dilakukan sebelum menginstal Komputer Anda :

6 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menginstal Ulang Komputer

1. Melakukan Backup (Mencadangkan) Data-data yang Penting

Melakukan backup data adalah hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menginstal komputer. Pindahkan semua data yang diaggap penting ke dalam hardisk eksternal maupun kepingan CD. Jika terlalu banyak data yang harus dipindahkan ke dalam hardisk maupun CD, Anda bisa menyimpan data tersebut di drive yang lain. Biasanya data Sistem Operasi tersimpan di drive C. Anda bisa memindahkan data-data yang berada di drive C ke drive D ataupun drive selain drive sistem operasi. Pindahkan juga data yang ada di Library ke Drive lainnya. karena Library termasuk juga drive C yang nantinya akan terhapus setelah melakukan penginstalan ulang. 

2. Mengambil Tampilan Layar (Screenshoot) Desktop Anda

Sebenarnya Hal ini tidak terlalu penting untuk dilakukan sebelum menginstal komputer Anda. Mengambil tampilan Layar (Screenshoot) Desktop Anda hanya berguna untuk melihat aplikasi komputer yang sebelum diinstal ulang. Saya menggunakan cara ini untuk mengetahui kembali apa-apa saja aplikasi yang harus saya instal kembali.

3. Mempersiapkan Program Pendukung yang akan Diperlukan

Didalam menginstal ulang, sebaiknya Anda menyiapkan driver-driver instalasi program sebelum melakukan penginstalan. Mengapa ? Karena, nantinya program seperti pemutar musik, pemutar video, pengedit foto akan hilang di komputer Anda setelah melakukan penginstalan ulang. Anda bisa mencarinya melalui internet untuk mendapatkannya program tersebut.

4. Menyiapkan Perlengkapan Instalasi Komputer

Persiapan Instalasi ini juga tak kalah penting. Karena, jika tidak ada perlengakapan Instalasi Komputer, maka penginstalan ulang tidak bisa dilakukan. Siapkan saja DVD atau USB Flashdisk sistem operasi yang akan Anda Instal. untuk USB Flashdisk, minimal kapastitasnya 4 GB dan sudah berisi sistem operasi di dalamnya.

5. Mempersiapkan Adanya Jaringan Internet

Fungsi adanya internet pada pengisntalan ulang komputer adalah untuk mengupdate antivirus komputer ataupun sistem operasi komputer itu sendiri. Update pada sistem operasi juga cara untuk meningkatkan kinerja komputer agar menjadi lebih baik.

6. Menyiapkan Driver-driver yang akan Dibutuhkan

Pada waktu kita membeli komputer, pasti ada dvd driver yang akan diberikan sang penjual. Nah, driver inilah yang berfungsi membuat komputer menjadi lebih baik. Ada driver audio yang berguna untuk membuat komputer bisa mengeluarkan suara, Ada juga driver webcam, yang berfungsi untuk menjadikan webcam dapat mengambil gambar. nantinya driver ini akan diinstal setelah penginstalan ulang komputer

Kesimpulan : Sebenarnya menginstal ulang komputer bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, Jika Anda mengikuti cara-cara diatas dengan tepat maka menginstal ulang komputer bukanlah hal yang sulit. Tak hanya di Komputer cara-cara diatas juga berfungsi untuk Penginstalan ulang di Laptop Anda.

  Sumber Referensi : Portal.paseban.com

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment