Cara Melayani Pelanggan dengan Baik dan Sopan

Bagi para Pedagang atau Pengusaha banyak yang mengalami kekurangan Pelanggan atau pembeli olehnya itu saya membuat postingan blog ini. Meski saya hanya Remaja yang menjual ikan hias, namun dalam segi pembeli banyak yang saya dapatkan tidak senang dengan Pedagang, entah itu kecewa karena harga yang mahal maupun cara Pedagang melayani Pelanggan kurang baik dan sopan. Berikut Cara Melayani Pelanggan dengan Baik dan Sopan menurut saya antara lain :


1. Tetaplah Menjaga Keramahan

Sebagai Pedagang, kita harus memiliki keramahan yang khas. Mungkin dari teman-teman pasti memiliki kata atau kalimat tersendiri yang sopan di daerahnya masing-masing. Seperti saya dari Maros menggunakan kata iye' cari' apaki' ? menurut saya itu lebih sopan di daerah saya. Anda bisa menggunakan kata-kata lain yang jauh lebih sopan

2. Berikan Candaan

Dalam menjual saya biasanya memberikan candaan untuk Pelanggan tetapi usahakan itu tidak menyinggungnya. ini agar Pelanggan santai dalam berbicara kepada kita

3. Berikan Diskon atau Gratis

Jika hanya keramahan dan candaan saya rasa tidak cukup, kadang pembeli menginginkan diskon atau gratisan. Jika itu yang diinginkan pembeli anda bisa memberikannya, tapi perlu diingat jangan terlalu keseringan Pelanggan keseringan

4. Tetap Tersenyum dan Jangan tinggalkan Pelanggan

Dan yang Terakhir Tersenyum, karena tanpa faktor ini rasanya ada yang kurang. Seperti orang Jepang mereka tidak meninggalkan Pembeli dan tetap Berterimakasih kepada sang Pelanggan walau Pelanggan tidak membeli satupun Barang.

Saya Harap dengan melakukan Tips diatas saya rasa sudah cukup untuk membuat Pelanggan anda merasa Nyaman. Terima Kasih telah Membaca Arikel Saya, Semoga Bermanfaat bagi Kalian Semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melayani Pelanggan dengan Baik dan Sopan"