Berikut 7 Keistimewaan Rasulullah SAW

Berikut 7 Keistimewaan Rasulullah SAWRasulullah SAW adalah Nabi sekaligus rasul bagi umat manusia. Rasulullah memiliki keistimewaan-keistimewaan yang tidak dimiliki oleh manusia lain. Keistimewaan-keistimewaan ini dirangkum melalui Hadist dan ayat-ayat al-qur'an, berikut 7 keistimewaan Rasulullah SAW diantaranya adalah : 

1. Terjaga dari Dosa

Rasulullah saw bersabda, "Setiap kalian pasti disertai Jin Qarinnya." Para sahabat bertanya, "Juga bagi engkau, Rasulullah ?" "Bagiku juga. Hanya, Allah melindungiku darinya dengan menjadikannya sebagai jin muslim. Dengan demikian, dia hanya menyuruhku pada hal yang baik." (HR.Muslim) 

2. Pemberi Syafaat

"Aku adalah pemimpin Bani Adam pada hari kiamat nanti, orang yang pertama dibangkitkan dari perut bumi, dan orang yang pertama memberi syafaat juga menerima syafaat," kata Rasulullah saw. (HR. Muslim)

3. Diutus untuk seluruh umat manusia

"Aku dikaruniakan lima keistimewaan yang tidak diberika kepada seorang pun sebelumku. Yaitu, Allah menolongku dengan membuat musuhku merasa takut sebelum menemuiku dalam jarak tempuh sebulan. Allah menjadikan bumi sebagai masjid dan suci bagiku. Untuk itu, di mana saja umatku mendapati waktu shalat, maka shalatlah. Allah juga menjadikan harta rampasan perang halal bagiku yang tidak dihalalkan bagi siapapun sebelumku. Allah menganugerahiku dengan keistimewaan memberi syafaat. Selain itu, biasanya seorang nabi hanya diutus khusus kepada kaumnya, tetapi aku diutus untuk seluruh umat manusia," kata Rasulullah saw. (HR.Bukhari)

4. Larangan menikahi janda rasulullah saw

"Nabi itu lebih utama bagi orang-orang Mukmin dibandingkan diri mereka sendiri dan istri-istrinya adalah ibu-ibu mereka. Orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris-mewarisi) di dalam Kitab Allah dari pada orang-orang Mukmin dan orang-orang Muhajirin, kecuali kalau hendak berbuat baik kepada saudara-saudara kalian (seagama). Demikianlah telah tertulis di dalam kitab (Allah)." (QS. Al-Ahzab [33]:6)

5. Halal mengambil Ghanimah

Allah menghalalkan ghanimah atau rampasan perang kepada Rasulullah saw. "Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang (pembagian) harta rampasan perang. Katakanlah, Harta rampasan perang itu milik Allah dan Rasul (menurut ketentuan Allah dan Rasul-Nya." (QS. Al-Anfal [8]:1)

6. Boleh menikah lebih dari empat wanita

"Wahai nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu, istri-istrimu yang telah engkau berikan maskawinnya dan hamba sahaya yang engkau miliki." (QS. Al-Ahzab [33]:50)

7. Kefasihan berbicara

"Aku dianugerahi enam kelebihan yang tidak diberikan kepada para nabi sebelumku, yaitu kefasihan berbicara, Allah membuat musuhku takut sebelum menemuiku, Allah menghalalkan harta rampasan perang, Allah menjadikan bumi sebagai masjid dan suci bagiku. Selain itu, aku diutus kepada seluruh makhluk. Dan aku dijadikan pamungkas para nabi." (HR. Muslim)

Sumber referensi dikutip dari Buku The Great Story of Muhammad

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berikut 7 Keistimewaan Rasulullah SAW"